Kunjungan Focus Group Discussion Tim Peneliti Universitas Ciputra Surabaya

 

FGD MISHEQA
FGD MISHEQA BPM UNISMA

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Islam Malang (UNISMA) mendapat kunjungan dari tim peneliti Universitas Ciputra Surabaya dalam rangka Focus Group Discussion (FGD) Permohonan dan Pelaksanaan Penelitian Hibah Fundamental yang berjudul “Analisis Pengaruh Kebergunaan, Kemudahan, dan Ekspektasi Kinerja Penggunaan Aplikasi MISHEQA pada Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilyah VII” yang dilakukan pada 6 (enam) perguruan tinggi terpilih di LLDIKTI Wilayah VII. Universitas Islam Malang menjadi salah satu dari 6 (enam) perguruan tinggi terpilih dalam FGD tersebut dengan pertimbangan fungsi pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Aplikasi MISHEQA (Management Information Sistem for High Education Quality Assurance) terlaksana dengan baik.

Kunjungan dilaksanakan pada hari Rabu, 20 September 2023 bertempat di Ruang Rapat Bersama Kantor Pusat Unisma lantai 3. Pertemuan tersebut dimulai dengan perkenalan anggota tim peneliti dan penyampaian tujuan kunjungan yang disampaikan oleh Lenny Rosita, S.T., M.MT., CRP selaku Head of Quality Assurance Universitas Ciputra Surabaya yang didampingi oleh Kartika Gianina Tileng, S.E., M.Cs selaku ketua peneliti. Tim peneliti terdiri dari Universitas Ciputra Surabaya dan Institut Teknologi Telkom Surabaya. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua BPM UNISMA Dr. Ena Marlina, S.T., M.T., Ketua Divisi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Siti Nurul Hasana, S.Si., M.Sc, dan Ketua Divisi Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Septina Dwi Rahmawati, S.AP., M.AP. Badan Penjaminan Mutu UNISMA memberikan apresiasi dan dukungan bagi kegiatan tersebut. Pada kesempatan itu pula, Ketua BPM UNISMA menyampaikan bahwa dengan terselesaikannya pelaporan kegiatan SPMI tentu akan dapat memudahkan perguruan tinggi dalam proses akreditasi, baik akreditasi program studi maupun akreditasi perguruan tinggi. Semua komponen penilaian yang meliputi dokumen SPMI dan dokumen PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) yang baik akan mampu mendukung budaya mutu yang lebih baik di perguruan tinggi.

Beberapa pertanyaan diajukan tim peneliti untuk mengkonfirmasi fungsi dan kendala MISHEQA khususnya di BPM UNISMA, hal ini juga dikonfirmasi oleh Siti Kristanti, S.Ak selaku operator aplikasi MISHEQA di UNISMA yang menyatakan bahwa aplikasi MISHEQA sudah cukup memberikan kemudahan bagi BPM UNISMA dalam mengumpulkan dokumen mutu perguruan tinggi. Dalam diskusi tersebut, baik tim peneliti maupun BPM UNISMA saling sharing knowledge tentang penerapan MISHEQA di perguruan tinggi terpilih. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama.